Minggu, 04 Agustus 2013

Jenis - Jenis Plastik



Plastik adalah salah satu bahan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita. Akan tetapi apakah kita tahu tidak semua plastik aman untuk dipakai, apalagi sebagai tempat makanan. Dan dibawah ini cara untuk mengetahui plastik seperti apa yang aman dan sehat ataupun yang berbahaya bagi kesehatan kita :



1. PETE / PET (polyethylene terephthalate)
Contoh produk: botol minuman
Produk-produk dengan bahan 1 dan 2 direkomendasikan untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama / terlihat baret-baret.

2. HDPE (high density polyethylene)
Contoh produk: botol susu yang berwarna putih
Sama seperti 1 PETE, 2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.



3. V atau PVC (polyvinyl chloride) Contoh produk: cling wrap, botol
Adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

4. LDPE (low density polyethylene) 
Contoh produk: tempat makanan, botol-botol yang lembek.
Barang-barang dengan kode 4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Barang dengan kode 4 bisa dibilang tidak dapat dihancurkan akan tetapi tetap baik untuk tempat makanan.

5. PP (polypropylene)Merupakan pilihan terbaik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih / berawan. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

6. PS (polystyrene)
Contoh produk: tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dll.
Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak & sistem syaraf.

7. Other (biasanya polycarbonate)
Contoh produk: tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga.
Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon.


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fitri's Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger