Kamis, 01 Agustus 2013

Penyebaran Virus Komputer berdasarkan Jenisnya



1. Virus Boot Sector
Cara kerja virus ini menginfeksi boot sector hardisk (boot sector adalah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus ini aktif, komputer tidak akan bisa di boot secara normal.

2. Virus E-mail
Cara kerja virus ini melalui e-mail (biasanya dalam bentuk lampiran atau attachment) dan eksistensinya .scr, .exe, .pif atau .bat. Saat virus ini aktif, maka virus ini akan mengirimkan diriya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang terdapat dalam buku alamat pengguna

3. Virus Multipartite
Cara kerja virus ini dengan menginfeksi file-file komputer sekaligus boot sector hardisk. Virus ini dapat menimbulkan banyak masalah karena dapat menyebabkan kerusakan fatal.

4. Virus Polimorfis
Cara kerja virus ini sangat unik,yaitu dengan mengubah kode dirinya (berganti wujud) ketika menyebarkan diri. Virus ini sangat sulit di deteksi karena sifatnya yang berubah-ubah.

5. Virus Siluman(Stealth Virus)
Cara kerja virus ini adalah menyembunyikan diri dan membuat file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

6. Virus Makro
Virus ini hanya menginfeksi aplikasi Microsoft Office. Biasanya dokumen yang terinfeksi akan memodifikasi perintah-perintah yang ada di Microsoft Office untuk menyebarkan dirinya (saat perintah tertentu dijalankan).


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fitri's Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger