Sabtu, 10 Agustus 2013

Tips Agar Komputer Bebas dari Virus

assalamualaikum...
Selamat pagi ! Siang ! Sore ! Malam sobat ...
Apa kabar ? tentunya baik ya..Nah kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang Tips Agar Komputer Bebas dari Virus tanpa basa basi langsung aja disimak ya sobat....

virus, sebuah program komputer yang sengaja di rancang untuk melumpuhkan dan merusak komputer sasarannya, bikin korbannya panik bukan main. terkadang komputer yang terjangkiti virus pada folder-folder tertentu tidak dapat dibuka, malahan ada juga foldernya yang di hidden atau di sembunyikan oleh virus. masih mending jika hanya disembunyikan jadi bisa di munculkan kembali, tetapi kalau folder tersebut rusak dan di dalamnya terdapat data-data penting waduh, bisa gawat.

untuk mencegah komputer sobat agar terbebas dari keganasan virus saya punya tipsnya, berikut saya akan paparkan pada sobat beberapa tips agar komputer sobat bebas dari virus :

1. gunakan antivirus
ini adalah langkah paling utama agar komputer sobat bebas dari serangan virus. pilihlah antivirus yang mempunyai nilai plus dalam menemukan dan membasmi virus yang akan menjangkiti komputer sobat.saran saya sobat dapat menggunakan antivirus Bitdefender total security, karena berdasarkan survey antivirus ini sangat ampuh memblok dan membasmi virus yang bersarang di komputer sobat. namun anti virus ini tidak gratis alias BERBAYAR  .

2. jangan sembarangan membuka email dari orang tak dikenal
biasanya email yang berisi virus ini terletak pada folder SPAM, bisa bertuliskan apa saja mulai dari dear friend, i love you, ataupun memenangkan suatu door prize!, padahal kita tidak pernah mengikuti kuis apapun sebelumnya. email seperti ini biasa dikirim orang yang ingin menjangkiti komputer sobat dengan virus ataupun memasang spy program pada komputer sobat, jadi berhati-hatilah saat menerima email dari orang tak dikenal.

3. bertukaran file menggunakan flashdisk
di zaman serba canggih ini memang semuanya serba mudah, termasuk dalam hal bertukaran file. sekarang jika ingin bertukaran file kita dapat menggunakan flashdisk, selain ukurannya kecil dan mudah dibawa, flashdisk dengan ukurannya yang kecil ini mampu untuk menyimpan file hingga puluhan GB.namun sobat harus hati-hati saat bertukaran file dengan benda kecil ini, karna sebagian besar virus menyebar melalui alat ini, jadi sebelum memindahkan file dari flashdisk ke komputer sobat, jangan lupa untuk di scan terlebih dahulu, agar virus yang terdapat didalam flashdisk tersebut dapat dimusnahkan dengan antivirus yang sobat gunakan.

4. saat install program
sebelum menginstall suatu program di komputer sobat, hendaknya scan dahulu file tersebut. ini sebagai langkah antisipasi jika di folder tersebut terdapat virus berbahaya.

5. selalu melakukan update
percuma apabila sobat mempunyai antivirus termahal sekalipun apabila jarang melakukan update, karena update berfungsi untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki anti virus tersebut. selain melakukan update pada antivirus yang sobat miliki jangan lupa juga untuk mengupdate OS yang sobat gunakan.

Sekian tips agar komputer/laptop terhindar dari virus.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fitri's Blog Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger